Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Internet

Sejarah Internet



Awal mulanya, Internet yakni jaringan computer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di th. 1969, lewat proyek ARPA yang dimaksud ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimanakah dengan hardware serta software computer yang berbasis UNIX, kita sanggup lakukan komunikasi dalam jarak yg tidak terhingga lewat kanal telephone. Proyek ARPANET menciptakan bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar isu sanggup dipindahkan, serta pada risikonya seluruhnya standard yang mereka menetapkan jadi cikal akan pembangunan protokol gres yang ketika ini di kenal juga sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Maksud awal dibangunnya proyek itu yaitu untuk kepentingan militer. Ketika itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) bikin system jaringan computer yang menyebar dengan menghubungkan computer di beberapa tempat vital untuk menangani permasalahan apabila berlangsung serangan nuklir serta untuk hindari terjadinya isu terpusat, yang bila berlangsung perang sanggup praktis dihancurkan.

Pada awalnya ARPANET cuma menghubungkan 3 website saja, yakni Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka menciptakan satu jaringan terpadu di th. 1969, serta dengan cara umum ARPANET dikenalkan pada bln. Oktober 1972. Selang beberapa ketika proyek ini berkembang cepat di semua daerah, serta seluruhnya kampus di negara itu mau berhimpun, sampai bikin ARPANET kesusahan untuk mengaturnya.

Oleh karenanya, ARPANET dipecah manjadi dua, yakni " MILNET " untuk kepentingan militer serta " ARPANET " gres yang lebih kecil untuk kepentingan non-militer seperti, universitas-universitas. Paduan ke-2 jaringan pada risikonya di kenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan jadi Internet.

Post a Comment for "Sejarah Internet"